Bila anda kesulitan dengan administrasi kurikulum 2013 disini ada 1 contoh rpp 1 pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN ...................
Kelas / Semester : V / 1
Tema 1 : Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
Sub Tema 1 : Wujud
Benda dan Cirinya
Pembelajaran Ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) &
INDIKATOR
Kompetensi
Dasar (KD) :
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku
tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem,
serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡
Menjelaskan
isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia keseimbangan
ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia
Kompetensi
Dasar (KD) :
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan
buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
¡
Menyajikan
hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam dan
Matematika
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan
biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan
menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
Indikator:
¡
Menyelesaikan
soal latihan pecahan biasa, campuran, desimal
Kompetensi
Dasar (KD) :
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang
dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator:
¡
Mengenal
bentuk pecahan biasa
¡
Mengenal
bentuk pecahan campuran
¡
Mengenal
bentuk pecahan desimal
IPS
3.1 Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan
manusia dalam ruang, konektivitas antarruang dan waktu serta keberlanjutannnya
dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasionalI
Indikator:
¡
Mengenal
aktivitas kehidupan manusia dan perubahannya dalam ruang di bidang sosial,
ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam lingkup nasional
Kompetensi
Dasar (KD) :
4.1 Menyajikan hasil pengamatan mengenai
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antarruang
dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi,
pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
Indikator:
¡
Menyusun
laporan secara tertulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang
aktivitas dan perubahan kehidupan manusia.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡
Dengan
kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan
contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar
dengan cermat dan teliti.
¡
Dengan
kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan
alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
¡
Dengan membaca
teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh–contoh
perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
¡
Dengan
membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan
tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
¡
Dengan
latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan
desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡
Membuat
kerajinan ronce dengan mengikuti prosedur yang benar.
¡
Melakukan
percobaan dan pengamatan tentang perubahan bentuk benda setelah mengalami
pendinginan dan pembakaran
¡
Mengamati
dan memprediksi peristiwa yang akan terjadi pada lilin yang dibakar
¡ Menjelaskan kerusakan dan perubahan alam karena perilaku
manusia berdasarkan bacaan
E. PENDEKATAN
& METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
§ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang ” Wujud Benda dan Cirinya”.
§ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
15 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar yang menunjukkan contoh
perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, yakni membuang sampah ke
sungai.
§ Siswa menjawab pertanyaan pada buku iswa berdasarkan
pengamatan gambar.
§ Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui
tingkat pencapaian siswa
§ Siswa mengamati dan mengidentifikasi
perubahan-perubahan yang terjadi di alam yang memiliki dampak bagi kehidupan
manusia.
|
180 menit
|
§ Siswa membaca bacaan berjudul Aneh, Kenapa Bisa
Begitu?
§ Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta
membaca dalam hati.
§ Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut
dan meminta siswa lain menyimak.
|
||
§ Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh
kosakata baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
§ Setelah membaca dan memahami kosakata-kosakata baku dan
tidak baku, siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di
atas berkaitan dengan perubahan wujud benda
|
||
§ Siswa membentuk kelompok diskusi untuk mengamati dan
mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar
tempat tinggalnya.
|
||
§ Guru menjelaskan konsep pecahan melalui ilustrasi
pembagian roti dan buah jeruk .
§ Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan
tanggapan.
§ Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk
pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan
campuran menjadi bentuk pecahan biasa.
§ Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk
mengetahui tingkat pencapaian siswa.
|
||
§ Guru menjelaskan konsep persen.
§ Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan
tanggapan.
§ Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk
pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan
persen menjadi bentuk pecahan biasa.
§ Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk
mengetahui tingkat pencapaian siswa.
|
||
§ Guru menjelaskan konsep bentuk pecahan desimal.
§ Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan
tanggapan.
§ Siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk
pecahan desimal menjadi bentuk pecahan biasa dan mengubah bentuk pecahan
biasa menjadi bentuk pecahan desimal.
§ Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk
mengetahui tingkat pencapaian siswa.
|
||
§ Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah
dipelajari, berkaitan dengan perubahan alam dan perubahan wujud benda
|
||
Penutup
|
§
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
§
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§
Melakukan penilaian hasil belajar
§
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡
Buku
Siswa Tema : Benda-Benda di Lingkungan
Sekitar Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2014).
¡
Buku,
teks bacaan perubahan wujud benda, dan gambar tentang perilaku yang tidak
selaras dengan lingkungan
H. PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
a. Penilaian uji unjuk kerja
Kompetensi
yang dinilai:
·
Pengetahuan siswa tentang materi
gambar yang diamati
·
Keterampilan
siswa dalam mengamati
·
Kecermatan
dan ketelitian siswa dalam mengamati
Rubrik Menulis Berdasarkan
Pengamatan Gambar
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan:
Hasil yang ditulis
sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang tampak pada gambar yang diamati
|
Keseluruhan jawaban yang
ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar mengelompokkan
jawaban
|
Keseluruhan jawaban yang
ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar
dalam mengelompokkan jawaban
|
Sebagian besar jawaban
yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar
dalam mengelompokkan jawaban
|
Hanya sebagian kecil
jawaban yang ditulis siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya
sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan
penulisan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan
|
SIkap:
Tulisan hasil pengamatan
dibuat dengan cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan
materi yang ditugaskan
|
Kecermatan,ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan, disertai
juga dengan kreatifitas dalam bekerja menunjukkan kualitas sikap yang sangat
baik dan terpuji
|
Kecermatan,ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang sangat baik
|
Kecermatan,ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan
menunjukkan kualitas sikap yang masih dapat terus ditingkatkan
|
Kecermatan,ketelitian
bekerja, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan tugas yang diberikan menunjukkan
kualitas sikap yang masih harus terus diperbaiki
|
Keterampilan Penulisan:
Tulisan hasil pengamatan
dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan
penulisan yang baik
|
Keseluruhan hasil
penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan
penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas
|
Keseluruhan hasil
penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang baik
|
Sebagian besar hasil
penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan
keterampilan penulisan yang terus berkembang
|
Hanya sebagian kecil
hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar
menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan
|
b. Penilaian uji unjuk kerja
Kompetensi
yang dinilai:
·
Pengetahuan
siswa tentang konsep pecahan
·
Keterampilan
siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
·
Kercamatan
dan ketelitian siswa dalam menggunakan konsep pecahan untuk menyaksikan soal
pecahan
RUBRIK MENYELESAIKAN SOAL
LATIHAN PECAHAN
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Melakukan seluruh
prosedur
|
Seluruh langkah
pengerjaan dilakukan
|
Sebagian besar langkah
pengerjaan dilakukan
|
Sebagian kecil langkah
pengerjaan dilakukan
|
Dikerjakan tanpa
memperhatikan prosedur pengerjaan
|
Jawaban lengkap sesuai
butir pertanyaan
|
Seluruh butir pertanyaan
diisi
|
Sebagian besar
pertanyaan diisi
|
Sebagian kecil
pertanyaan diisi
|
Sama sekali tidak diisi
|
Isi jawaban sesuai pertanyaan
|
Seluruh jawaban benar
sesuai pertanyaan
|
Sebagian besar awaban benar
sesuai pertanyaan
|
Sebagian Kecil jawaban
benar sesuai pertanyaan
|
Jawaban sama sekali
tidak sesuai dengan pertanyaan
|
Sikap
|
Percaya diri, mandiri,
rasa ingin tahu
|
Percaya diri, sesekali
meminta bantuan guru, rasa ingin tahu
|
Tidak percaya diri,
mengandalkan bimbingan guru
|
Menyontek
|
c. Penilaian uji unjuk kerja
Kompetensi
yang dinilai:
·
Pengetahuan
siswa terhadap perubahan alam
·
Keterampilan
siswa dalam mengumpulkan informasi dan menyaksikannya
·
Kecermatan
dan ketelitian dalam mengidentifikasi perubahan alam
Menyajikan laporan tertulis
dalam bentuk tabel hasil identifikasi perubahan alam
Aspek
|
Baik
Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Isi dan Pengetahuan:
Isi tabel lengkap,
menunjukkan pengetahuan penulis yang baik atas materi yang disajikan
|
Tabel yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi. Beberapa
gambar dan keterangan lain yang diberikan memberikan tambahan informasi
berguna bagi pembaca
|
Tabel yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami keseluruhan materi.
|
Tabel yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami sebagian besar materi.
|
Tabel yang lengkap dan
infomatif dan memudahkan pembaca memahami beberapa bagian dari materi.
|
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar :
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan tabel
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar dan sangat efektif digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat
dalam tabel
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan keseluruhan kalimat dalam tabel
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan sebagian besar kalimat dalam tabel
|
Bahasa Indonesia yang
baik dan benar digunakan dalam penulisan beberapa bagian dari tabel
|
SIkap:
Tabel dibuat dengan
mandiri, cermat dan teliti, sesuai dengan tenggat waktu dan batasan materi
yang ditugaskan
|
Tabel dibuat dengan
lengkap, mandiri, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu,
dengan beberapa penambahan kreatifitas untuk menjelaskan materi
|
Keseluruhan tabel dibuat
dengan mandiri lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas waktu
yang diberikan
|
Sebagian besar tabel
dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai batas
waktu yang diberikan
|
Hanya beberapa bagian
tabel dibuat dengan mandiri, lengkap, cermat dan teliti, diselesaikan sesuai
batas waktu yang diberikan
|
Keterampilan Penulisan:
Tabel dibuat dengan
benar, sistematis, dan menarik menunjukkan keterampilan pembuatan tabel yang
baik
|
Keseluruhan tabel yang
sangat menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel
yang tinggi dari pembuatnya
|
Keseluruhan tabel yang
menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan membuat tabel yang baik
dari pembuatnya
|
Sebagian besar tabel
yang dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan keterampilan
membuat tabel yang terus berkembang dari pembuatnya
|
Bagian-bagian tabel yang
dibuat dengan menarik, jelas dan benar , menunjukkan ketrampilan membuat
tabel yang dapat terus ditingkatkan
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ……………………. )
NIP197509152007011004
|
………………., Juli 2014
Guru Kelas 5
(………………… )
NIP 196806251992032006
|
BILA INGIN YANG LEBIH LENGKAP SILAKAN HUBUNGI KE 087821068093 atau 085861761190
sangat membantu
BalasHapus